PEMBUATAN GAME
“THE SECRET QUESTIONS IN THE MAZE”
UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SD KELAS V MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8
A. Latar Belakang Masalah
Multimedia
merupakan media yang menggunakan beberapa bentuk dari isi informasi dan proses
informasi (seperti: tulisan, audio, grafis, animasi, dan video) untuk
menginformasikan dan menghibur pengguna atau penonton. Dewasa ini teknologi
multimedia semakin banyak diaplikasikan, antara lain untuk sistem pembelajaran,
company profile, web desain, perancangan game 2D, modeling dan lain sebagainya.
Berdasarkan
pengertian tersebut, peneliti tertarik untuk membuat suatu media pembelajaran
bahasa inggris berbasis multimedia yang diaplikasikan menjadi game 2D
menggunakan software macromedia flash 8. Game ini bernama “The Secret Questions
In The Maze” atau dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai permainan dengan
pertanyaan-pertanyaan rahasia didalam labirin.
Dunia
pendidikan merupakan sarana penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya
manusia. Melalui dunia pendidikan diharapkan dapat tercipta manusia dengan
pemikiran yang berkualitas, karena hanya manusia yang berkualitas yang nantinya
akan mampu menghadapi persaingan. Oleh karena itulah masalah pendidikan harus
diperhatikan demi meningkatkan kecerdasan bangsa.
Sekolah
Dasar (SD) adalah salah satu lembaga pendidikan yang mempunyai misi untuk
menciptakan sumber daya manusia dengan
cara pengenalan dasar dalam berbagai bidang mata pelajaran. Faktor
penting dalam pembelajaran adalah bagaimana membuat suasana belajar menjadi
menarik dan mudah dimengerti, khususnya pelajaran bahasa inggris yang
membutuhkan konsentrasi dan daya ingat yang tinggi.
Tujuan dari
pembuatan game yang merupakan perkembangan dari game labirin ini adalah sebagai
sarana edukasi untuk memberikan kesadaran akan pentingnya media hiburan yang
mendidik. Jika pelajaran diberikan secara serius dengan materi-materi yang
berat tentunya akan membuat para siswa bosan dan kehilangan konsentrasi dalam
belajar. Hal ini yang mengakibatkan pentingnya hiburan dalam pembelajaran
karena sesuatu yang menghibur akan membuat pelajaran menyenangkan dan yang
terlihat berat akan menjadi lebih ringan.
Walaupun
telah banyak game lain yang beredar dalam dunia komputer baik online maupun
offline atau game serupa yang berbasic labirin, namun game ini dirancang
sebagai media pembelajaran, karena belum begitu banyak jenis permainan yang
bersifat mendidik bagi anak-anak.
Metode yang
digunakan dalam pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri Kalinegoro V, Kab.
Magelang masih menggunakan buku dan guru menerangkan didepan kelas, sedangkan
permainan merupakan hal yang menyenangkan bagi anak-anak, maka game ini
dirancang agar siswa dapat bermain sekaligus belajar dengan lebih antusias.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan
masalah dalam penelitian ini, maka dapat dirumuskan sebagai berikut:
Bagaimanakah
cara membuat game “The Secret Questions In The Maze” atau permainan labirin
berisi materi dan soal sebagai aplikasi pembelajaran bahasa inggris bagi siswa
kelas V SDN Kalinegoro V, Kab. Magelang dengan menggunakan software macromedia
flash 8.
C. Batasan Masalah
Berdasarkan
perumusan masalah tersebut, maka batasan masalah ditujukan pada pembahasan
mengenai pembuatan game “The Secret Questions In The Maze”.
1.
Menggunakan
software macromedia flash 8.
- Materi dan soal bahasa inggris yang digunakan hanya mengacu pada materi kelas V SDN Kalinegoro V, Kab. Magelang.
D. Tujuan Penelitian
Penelitian
bertujuan untuk menegaskan dalam merancang suatu aplikasi media pembelajaran
berupa game labirin yang berisi pertanyaan seputar materi bahasa inggris SD
kelas V dengan menggunakan software macromedia flash 8 yang akan diterapkan di
SDN Kalinegoro V, Kab. Magelang.
Hasilnya
diharapkan agar siswa SD kelas V dapat lebih antusias dan mudah dalam mengerti
pelajaran bahasa inggris.
E. Manfaat Penelitian
Manfaat yang dapat diberikan
dari hasil penelitian ini adalah:
1. Bagi penulis
Belajar
menerapkan ilmu yang diperoleh untuk dipraktekkan dalam dunia nyata dengan
membangun suatu sistem aplikasi multimedia berupa game dengan
pertanyaan-pertanyaan bahasa inggris menggunakan software macromedia flash 8
2. Bagi Siswa Kelas V SDN Kalinegoro V, Kab.
Magelang
Para siswa
dapat belajar sekaligus bermain tanpa didampingi oleh guru. Aplikasi yang
diciptakan merupakan salah satu metode yang menarik untuk para siswa, karena
melibatkan unsur permainan dalam pembelajaran, yang pada dasarnya permaianan
adalah hal yang disukai oleh anak-anak.
3. Bagi Masyarakat
Perwujudan
pengabdian lembaga kepada masyarakat khususnya dalam bidang pendidikan.
No comments:
Post a Comment